Selasa, 13 Desember 2011

Kerasnya Hidup

KERASNYA HIDUP

Hidup itu keras kawan....

Perlu anda sadari bahwa hidup itu keras, dan sesungguhnya keras itu baik untuk anda... Dalam semua masalah didunia ini, tua muda merasakan kerasnya hidup dan mencari rezeki semakin sulit. Persaingan global dan pasar yang semakin menggila... Tidak sedikit orang yang dulunya sukses, kini stress dan bangkrut.. Hidup ini memang ada naik dan turun nya..


mari kita simak cerita berikut ini yang saya kutip dari sebuah blog : 


selamat siang pembaca (ceritanya saya ngetik ini siang hari)

Tiba-tiba aja terlintas di pikiran saya buat nulis ini. Kebetulan saya tinggal di desa. satu desa bernama Purwokerto di Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kalo tiap siang hari, disini banyak banget penjual cemilan ato makanan2 kayak bakso dsb. lewat di jalan depan rumah. dan pasti tidak asing bagi kalian mendengar suara2 kode mereka seperti mangkuk yang dipukul sendok, suara bambu, atau pedagang yang meneriakkan dagangannya. Diantara mereka ada seorang pedagang kerupuk keliling yang biasanya meneriakkan "krupuk... krupuuuuuukkkkkkk" . Tiap siang hari suara itu terdengar dari dalam kamar saya. Tapi suatu hari ada yang sedikit menggelitik kuping saya, waktu pedagang itu meneriakkan "krupuk krupuuuuukkkkkkpulsa pulsaaaaaaa...... roti rotiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.... tas wanitaaaaaa....... tas wanita........"

(dalem ati saya bilang "waduh banyak banget" padahal setahu saya itu pedagang cuma keliling pake motor bebek)... pas saya liat keluar rumah... ternyata bener... itu tukang jualan kerupuk yang biasanya. di motornya udah ada macem2 dagangan yang sebenernya gak nyambung antara satu & lainnya. udah kayak supermarket berjalan aja (lain kali saya akan foto)... disitu langsung saya diem bentar, sambil merenung.

[sampe dia sekeras itu berusaha. apa yg bisa dijadiin bahan dagangan semua dibawa... padahal tiap hari lewat juga kadang kayaknya ga dapet pembeli satupun. Sebenernya sering kesian liat orang yang udah dagang keliling seharian tapi pembelinya cuma dikit ato bahkan ga dapet pembeli sama sekali. Trus keluarganya makan apa?]

sampe-sampe suatu hari pas dia lewat, ibu saya bilang ke saya,
loading... translate dari bahasa jawa ke bahasa Indonesia
"pulsamu ada gak? kalo gak ada pulsa mbok beli di orang itu aja, ibuk kesian, tiap hari lewat teriak-teriak gt tapi pembelinya hampir gak ada..."

buat anda-anda semua yang mungkin rumahnya di deket sini, kalo kebetulan dia lewat depan rumah kalian pas kalian gak ada pulsa ato pengen kerupuk, tolong dibeli ya.... 

dan doa pesan pribadi saya untuk beliau, "jangan nyerah pak, suatu saat perjuangan bapak pasti membuahkan hasil..."




Tentu tidak semua mengalami nasib kondisi seperti ini, bila anda tidak merasa hidup ini keras, silahkan tutup blog ini.. karena anda lahir di keluarga lebih harmonis, saudara dan family yang baik, teman dan lingkungan yang kondusif. Artikel kerasnya hidup ini tidak akan menjadi MOTIVASI bagi anda, toh anda tidak pernah merasakan kerasnya hidup... karna karma baik anda masih ada..


Adalah beruntung bisa mendapatkan kelancaran, kesuksesan yang gampang, tanpa perlu kerja keras, lahir di keluarga baik dan kaya raya.. sekolah di sekolah terbaik, dengan fasilitas terbaik, lalu kalau mau bekerja / berbisnis akan disiapkan properti dan modal usaha miliaran rupiah. Tinggal ngejalanin dan menerima profit. Kalau mau berumah tangga, akan disiapin rumah mewah, mobil mewah, dan semua fasilitas mewah.. Tidak perlu keluar sedikitpun usaha, langsung mendapatkannya.. Thats call lucky.


Bagi kita yang tidak bernasib sebaik itu, sebaiknya tahu diri.. sadar diri dan introspeksi. tidak menyalahkan siapapun.. mereka bisa bernasib baik karena karma baik nya.. Kita kurang beruntung karena kita kurang karma baiknya. namun bukan berarti kita pasrah pada nasib dan takdir. Ayo bangkit, ambil semua hikmah dan jadikan cambuk atau batu loncatan bagi kemajuan prestasi anda.




Step by step  :
  1. Cintailah dirimu sendiri ...  its simple... just love your self.. hargai dirimu sendiri, beri dia yang terbaik, makanan bergizi, ilmu yang baik. kedudukan yang mantap.. Narcis banget sih.. Gak bermaksud narcis kok. tujuannya membangkitkan kepercayaan diri.. kalau sudah PD, apapun akan gampang kita lalui..
  2. Berhenti mengeluh.... Mungkin anda mengeluhkan orangtua kita, sabahat, atau menyalahkan ini dan itu. maka saya ingin memberitahu sesuatu pada anda...tidak ada seorangpun yang bertanggung jawab atas hidup anda. Itulah sebabnya kita harus berhenti mengeluh.. gak manja, dan mengandalkan diri sendiri...
  3. No one can help you...  kedengarannya menakutkan.. tapi ini fakta.. Saat ada butuh duit, pinjam ke orang tua, atau family, jarang skali dibantu.. biasanya mereka banyak alasan.. inilah yang menjadikan kita semakin mandiri.. dan tabah..
Kedengarannya menakutkan... harus mengandalkan diri sendiri saja? benar-benar kesepian ? Bukankah disekolah kita diberitahu kalau manusia itu makhluk sosial, yang saling membantu satu sama lain.. Kok harus sendirian? Bukan begitu maksud saya.. Kalaulah ada bantuan, terimalah.. kita memang tidak bisa hidup sendiri.. tapi yang ingin saya tekankan adalah.. Kita memang hanya bisa mengandalkan potensi kita sendiri. Potensi diri yang mantap inilah yang akan menuntunmu : 
  • Mencari ilmu / pengetahuan yang baik
  • Mencari teman / sahabat yang setia
  • Mencari pasangan hidup yang harmonis
  • Mencari karyawan yang jujur dan ulet
  • Mencari rekan bisnis yang mantap 
  • Mencari pemimpin yang teladan
  • Mencari bisnis / kerjaan yang masa depannya baik
  • Mencari dan menemukan semua yang baik untuk kelanjutan bisnis anda.
Tentu saja semua ini butuh potensi dan kemampuan yang terasah.



Hidup ini keras bagi orang-orang yg lemah : lemah imannya, lemah usahanya, lemah impiannya, lemah mentalnya.Hidup ini lunak bagi orang-orang yg kuat : kuat imannya, kuat usahanya, kuat impiannya, kuat mentalnya.Jika kita kuat menghadapi kehidupan, maka kehidupan akan lunak kepada kita. Jika kita lemah menghadapi kehidupan, maka kehidupan akan keras kepada kita.Mari fokus membangun kekuatan hari demi hari. Meski terlihat kecil dan kadang melalui banyak kesalahan, itu adalah fondasi yg akan menguatkan usaha kita jangka panjang.“Hidup kita mengikuti apa yg kita Fokuskan sejak kini”
YAH.. FOKUS MEMBANGUN KEKUATAN 

Inilah tugas kita selanjutnya.. Setelah kita sadar hidup ini ternyata lunak kepada orang yang kuat... maka mari kita membangun kekuatan kita.. Setiap hari fokus kita adalah membangun kekuatan baru.. bukannya menyesali yang sudah terjadi... tetapi membangun masa depan kuat dari usaha kita sekarang ini...



  • Kekuatan Jasmani.... sehatkan tubuh anda dengan bervegetarian dan hidup mengikuti pola hidup sehat. karena tubuh anda adalah aset.
  • Kekuatan Rohani .... mantapkan iman anda pada Tuhan.. Percayalah Tuhan tidak akan memberikan ujian yang tak pernah bisa kita selesaikan.
  • Kekuatan Finansial... perbanyaklah sumber penghasilan anda. hiduplah hemat dan cermat. Maka sukses akan cepat menghampiri anda.

Apa yang terjadi bila anda terlalu beruntung?

Salah seorang teman yang sedang menghadapi masalah bercerita kepada saya tentang temannya yang bekerja di salah satu BUMN. Dia berkata tentang betapa nyamannya kehidupan temannya tersebut, sepertinya hidup tanpa masalah. Menurutnya, pekerjaan temannya itu ringan, tidak perlu lembur bahkan bisa dibilang agak santai karena kalau pekerjaannya sedang sedikit ia bisa hangout sama teman-teman untuk sekedar minum kopi atau makan makanan ringan di kafe terdekat. Gaji cukup besar, walaupun kinerja tidak terlalu maksimal. Alhasil hidupnya terlihat enak, apalagi didukung oleh sikapnya yang terlihat seperti sikap hidup kalangan jetzet.

Kehidupan temannya itu sangat kontradiktif dengan kehidupan teman saya. Teman saya memulai harinya di pagi hari dengan bekerja pada salah satu instansi swasa dengan jam kerja 7-4 atau masuk jam 7 pagi, pulang jam 4 sore. Setelah itu dia masih harus bekerja di tempat lain (pekerjaan sampingan) dari jam 5 sore sampai kira-kira jam 6:30 bahkan kadang sampai jam 7 malam. Demikianlah rutinitas hariannya. Dia merasa sangat lelah karena beban kerja yang harus ditanggung dan tantangan yang harus dihadapi dari dua pekerjaan tersebut.
Sambil melamun tentang temannya itu lalu dia berkata kepada saya, “Enak ya jadi orang yang beruntung, coba aja kalo hidup kita seberuntung orang itu. Tidak perlu kerja keras kayak kita, tapi duit tetep ngalir. Kita, udah kerja mati-matian, pergi pagi pulang malam tapi duit tetap pas-pasan.” Dalam hitungan sepersekian detik saya langsung merespon setuju dengannya. “Iya bener, enak ya jadi orang yang nggak perlu kerja keras tapi penghasilan mengalir deras”. Itulan respon spontan saya kepadanya yang kemudian dengan cepat langsung saya ralat dan keluarlah kata-kata dukungan ini, “Tenang frend, dunia ini ngga selamanya susah buat kamu, akan ada waktunya kamu menikmati hasil dari kerja keras kamu selama ini. Mungkin bukan kamu yang ngerasain sekarang tapi anak-anak kamu nantinya.” Demikianlah akhir dari percakapan kami.

Jika dipikir-pikir memang enak jadi orang yang beruntung. Ketika ada lowongan PNS, kita bisa lulus tanpa sogok-menyogok. Ketika ditempatkan bekerja, pas dapat tempat yang basah dengan resiko kecil. Jam kerja bisa dimainin, hari kerja bisa diatur. Yang lebih beruntungnya lagi atasanpun melakukan hal yang sama sehingga di kantor tidak ada yang ditakuti atau dihormati karena semua sama.
Keberuntungan yang lain adalah menjadi orang yang lahir di tengah keluarga yang sudah mapan secara ekonomi dengan harta yang tidak akan habis sampai empat keturunan. Apapun yang diinginkannya bisa dengan mudah didapat tanpa harus kerja keras. Hmmmm, betapa beruntungnya orang itu.
Akan tetapi apakah benar-benar enak menjadi orang yang selalu beruntung? Apakah enak menjadi orang yang hidupnya tanpa masalah? Apakah enak menjadi orang yang selalu bahagia dan tidak pernah menderita? Apakah enak menjadi orang yang tidak pernah tau artinya sedih dan kecewa? Apakah enak menjadi orang yang selalu diterima dengan baik dan tidak pernah merasakan rasanya ditolak, dihina dan direndahkan?
Buat saya, jika ada orang yang hidup 99% keberuntungan dan hanya 1% kerja keras, maka orang tersebut adalah orang yang paling menderita di bumi ini. Saya berpikir demikian karena pastilah sia-sia bagi orang tersebut memiliki otak karena tidak diperlukan lagi untuk berpikir, tangan tidak diperlukan untuk bekerja, kaki tidak diperlukan untuk berjalan mencari pekerjaan, emosi yang tidak perlu dikontrol karena segala sesuatunya sudah baik, mata tidak diperlukan lagi untuk melihat hal-hal yang menakjubkan yang ingin diraih. Segala sesuatu di bumi ini menjadi hambar karena apa yang diinginkan bisa dengan mudah didapat.
Saya bangga pada orang-orang yang menganut paham 99% kerja keras dan 1% keberuntungan. Hidupnya akan menjadi lebih indah karena kebahagiaan dan kesuksesannya didapat dengan perjuangan bukan karena keberuntungan. Orang-orang yang menggunakan segenap kekuatannya dan memaksimalkan kemampuannya untuk selalu bekerja dan berusaha menjadi sosok pribadi yang tangguh menghadapi beratnya hidup dan tidak putus asa walaupun masalah berat datang menghampiri. Orang-orang yang memiliki impian dan bekerja keras untuk menggapai mimpi tersebut. Orang-orang seperti itulah yang layak disebut sebagai pemenang. Pemenang dalam menaklukkan kehidupan.
Teruslah bekerja dan berusaha. Jangan menyerah dan tetaplah bermimpi. Akan datang waktunya dimana kesuksesan dan kebahagian memenuhi hidup kita.


salam kerja keras...


regards.

TY.co







1 komentar: